Home » Nasional » Bermain Starter, Tiga Punggawa Persija Antar Indonesia ke 16 Besar

Bermain Starter, Tiga Punggawa Persija Antar Indonesia ke 16 Besar

𝙍𝙚𝙙𝙖𝙠𝙨𝙞 | Kali
Rabu, 27 September 2023 12:21 WIB
FB_IMG_1695791844670

 

JAKARTA I angkatanbersenjata.co.id

Kabar baik datang dari Zhejiang Normal University East Stadium di Jinhua setelah dipastikan Indonesia lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022, meski mengalami kekalahan 0-1 dari Korea Utara, Minggu (24/9). Tiga punggawa Persija, Rizky Ridho, Syahrian Abimanyu dan Dony Tri Pamungkas, dimainkan sebagai starter untuk pertama kalinya. 

Meski Garuda Muda menyelesaikan laga akhir Grup F dengan kekalahan 0-1 atas pemuncak klasemen, Korea Utara, namun hasil itu sudah cukup untuk memastikan lolos ke fase knock-out setelah di saat bersamaan Kirgistan mampu mengalahkan China Taipei dengan skor telak, 4-1. 

Pada klasemen akhir Grup F, Korea Utara dan Kirgistan lolos melalui jatah juara dan runner up grup. Sedangkan Indonesia mengambil jatah melalui peringkat tiga terbaik bersama Qatar, Thailand dan Myanmar. Rizky Ridho dan Syahrian Abimanyu menjadi langganan starter Garuda Muda yang selalu bermain penuh dalam tiga laga fase grup. Khususnya Ridho, bek kelahiran Surabaya 21 tahun lalu itu juga berperan sebagai kapten. 

Peran yang sama juga diberikan oleh pelatih Indra Sjafri kala membawa Garuda Muda menuntaskan penantian 32 tahun akan medali emas SEA Games di Olympic Stadium, Kamboja, 16 Mei 2023 lalu. DI Asian Games 2022 ini, Ridho menjadi palang pintu bersama bek senior, Andy Setyo, di depan penjaga gawang Ernando Ari. Sedangkan Abimanyu menjadi katalisator lini tengah bersama Taufany Muslihuddin dan Rachmat Irianto. 

Hal yang sangat membanggakan adalah saat nama Dony Tri Pamungkas masuk dalam 11 pemain starter yang diturunkan di laga akhir Grup F. Bintang muda kelahiran Boyolali 18 tahun lalu itu akhirnya menggeser posisi Haykal Alhafiz sebagai starter setelah pada laga sebelumnya, kontra China Taipei, diturunkan sebagai pengganti Haykal di menit ke-61. 

“Saya berusaha maksimal di setiap kesempatan, termasuk bermain di tim nasional. Kepercayaan ini menjadi motivasi saya untuk terus memperbaiki permainan saya,” ungkap Dony usai laga. Keberhasilan lolos babak 16 besar, berarti mengulang prestasi tertinggi Indonesia di ajang Asian Games setelah sebelumnya pada 2014 dan 2018. Jika mampu mengalahkan Uzbekistan di 16 besar, maka akan tercatat rekor baru dengan lolos ke perempatfinal untuk bertemu pemenang antara Jepang dan Myanmar.

PSSI 

Rekomendasi

Berita Terbaru

Blue and Green Geometric Illustrative Influencer Tips Poster

Terpopuler

Terbaru

Pengunjung

Redaksi sedang online: 0

Pengunjung hari ini: 2

Kemarin: 40

Jumlah pengunjung: 7,981

TNI & POLRI