Home » Nasional » Kemenko Polhukam Adakan Rakor Bahas Dampak Rilisnya Peta Standar Tiongkok 2023

Kemenko Polhukam Adakan Rakor Bahas Dampak Rilisnya Peta Standar Tiongkok 2023

π™π™šπ™™π™–π™ π™¨π™ž | Kali
Sabtu, 16 September 2023 10:11 WIB
FB_IMG_1694833749339

 

JAKARTA I angkatanbersenjata.co.id

Β Menindaklanjuti tindakan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang telah menerbitkan peta standar Tiongkok yang mengklaim atas beberapa wilayah negara termasuk Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengadakan rapat koordinasi bahas hal tersebut.

β€œSikap pemerintah Indonesia selalu konsisten dalam menghadapi peta standar Tiongkok dan tetap mengacu pada UNCLOS 1982,” jelas Asisten Deputi Bidang Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam Brigjen TNI Frenky E. Riupassa saat membuka rakor di Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Menurutnya, Indonesia selalu mengedepankan upaya damai melalui jalur diplomasi, namun pemerintah Indonesia harus tetap menunjukan eksistensi negara di wilayah Natuna Utara baik melalui masyarakat nelayan ataupun menunjukan kekuatan pertahanan di sana.

β€œYang harus kita perhatikan bahwa strategi di lapangan harus selaras dengan upaya diplomasi sesuai dengan rencana kerja pemerintah tahun 2023 dan melibatkan semua pihak,” ungkap Brigjen Frenky.

Berdasarkan data yang ada, Indonesia telah menetapkan batas landas kontinen dengan Malaysia dan Vietnam serta yang terbaru di akhir tahun 2022 telah terjadi kesepakatan batas ZEE RI-Vietnam. Di mana wilayah kedaulatan yuridiksi RI sudah sangat jelas di Laut Natuna Utara yang mana semua ditetapkan berdasarkan UNCLOS dan hukum internasional yang berlaku.Humas Kemenko Polhukam

Rekomendasi

Berita Terbaru

Blue and Green Geometric Illustrative Influencer Tips Poster

Terpopuler

Terbaru

Pengunjung

Redaksi sedang online: 0

Pengunjung hari ini: 11

Kemarin: 24

Jumlah pengunjung: 7,907

TNI & POLRI