Home » Nasional » KPK Ingatkan APH dan APIP Dalam Pencegahan Korupsi

KPK Ingatkan APH dan APIP Dalam Pencegahan Korupsi

π™π™šπ™™π™–π™ π™¨π™ž | Kali
Sabtu, 9 Desember 2023 02:16 WIB
FB_IMG_1702106202493

 

SULAWESI TENGAH I angkatanbersenjata.co.id

Wakil ketua KPK Johanis Tanak hadir pada kegiatan sosialisasi peran dan kinerja APH dan APIP dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di Hotel Best Western Coco Kota Palu, Sulawesi Tengah, 7 Desember 2023.

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) hendaknya menjadi garda terdepan dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Sinergitas antara APIP dengan Aparat Penegak Hukum (APH) sangat penting agar kasus tindak pidana korupsi di Indonesia bisa terminimalisir.

Tanak mengatakan APIP tidak perlu takut saat menjalankan tugas dan fungsinya. β€œPermasalahan kita sekarang ini, APIP masih berada di bawah pemerintah daerah. Sehingga ketika melakukan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar, ada kemungkinan pejabat APIP akan tergusur dari jabatannya,” terang Tanak.

Tanak juga mengatakan bahwa persoalan korupsi di Indonesia semakin memburuk dimana banyak pejabat berubah menjadi penjahat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pejabat negara yang ditangkap atas tindak pidana korupsi. β€œDibutuhkan pejabat dan penyelenggara negara yang bersih, dan bertanggungjawab. Jangan kita ambil uang rakyat dan menambah penderitaan rakyat. Kami (KPK) tidak segan-segan akan menangkap siapapun dia, tidak pandang bulu,” tegasnya.

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulteng, realisasi investasi di Bumi Tadulako sejak Januari – September 2023 tercatat sebesar Rp83,61 triliun.

Dari angka ini, Sulteng masuk dalam empat besar provinsi dengan realisasi tertinggi di bawah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur. Hingga akhir tahun ini, DPMPTSP Sulteng memproyeksikan nilai realisasi investasi akan berada di angka Rp111,68 triliun.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengapresiasi sosialisasi yang menghadirkan pimpinan KPK tersebut sehingga bawahannya tetap berada di jalur yang benar dan tetap komitmen untuk menjauhi tindak pidana korupsi. β€œSulteng ini adalah daerah tertinggal. Saya berusaha meningkatkan PAD demi kemakmuran rakyat saya. Jadi mari kita bangun daerah ini dan tidak korupsi,” tegasnya.

 

 

Rekomendasi

Berita Terbaru

Blue and Green Geometric Illustrative Influencer Tips Poster

Terpopuler

Terbaru

Pengunjung

Redaksi sedang online: 0

Pengunjung hari ini: 2

Kemarin: 40

Jumlah pengunjung: 7,981

TNI & POLRI