Home » Nasional » Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Hadiri Diskusi Hakordia 2023

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Hadiri Diskusi Hakordia 2023

π™π™šπ™™π™–π™ π™¨π™ž | Kali
Senin, 18 Desember 2023 03:21 WIB
FB_IMG_1702887596194

 

JAKARTA I angkatanbersenjata.co.id

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron hadir sebagai narasumber dalam kegiatan diskusi pada Hakordia 2023 yang bertajuk ‘Peran Pancasila sebagai Ideologi Tangguh untuk Sinergi Berantas Korupsi’ di Jakarta, 14 Desember 2023.

Kemajuan suatu negara tidak hanya tergantung pada perkembangan pendidikan, tetapi juga pada pembentukan karakter bangsa. β€œSebagai ideologi negara, Pancasila menjadi sumber hukum moral bagi bangsa Indonesia yang kita harapkan dapat meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi. Sebagai dasar modal dan karakter yang diambil dari budaya dan kemurnian bangsa Indonesia untuk bertindak antikorupsi, sebab nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila merupakan kristalisasi kebudayaan dan kepribadian bangsa,” ujar Ghufron.

Ghufron mengungkapkan bahwa sebagian besar warga Indonesia hanya menganggap Pancasila sebagai dasar negara tanpa memperhatikan makna dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam upaya pemberantasan korupsi sering terabaikan. β€œOleh karenanya, masyarakat dan para penyelenggara negara (PN) harus benar-benar memahami Pancasila. Dengan demikian, kepercayaan terhadap hukum dan aparat penegaknya dapat terbangun, begitu pula sebaliknya masyarakat dan PN juga akan memiliki kepatuhan pada hukum,” ungkap Ghufron.

Wakil Kepala BPIP Rima Agristina juga menekankan bahwa Pancasila, sebagai ideologi dasar negara, perlu dijaga agar tidak terjerumus ke dalam tindakan korupsi. β€œTerlepas dari liku-liku dinamika perkembangan zaman, kita semua bisa menyaksikan jika Pancasila tetap teguh sebagai pandu kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari hal itu, menyadarkan kita jika bahwa pancasila merupakan ideologi yang mampu menjawab aneka tantangan, dan bukan sebuah dogma yang kaku, tetapi sebagai ideologis yang luhur,” ujarnya

KPK berharap BPIP sebagai lembaga pembina Pancasila dapat mendorong ideologi Pancasila secara efektif dan berkelanjutan. Langkah ini sekaligus menjadi bentuk sinergi dalam pemberantasan korupsi, dengan menyelaraskan ideologi Pancasila dan sikap antikorupsi.

Humas KPK

Rekomendasi

Berita Terbaru

Blue and Green Geometric Illustrative Influencer Tips Poster

Terpopuler

Terbaru

Pengunjung

Redaksi sedang online: 0

Pengunjung hari ini: 11

Kemarin: 24

Jumlah pengunjung: 7,907

TNI & POLRI