Home » TNI » Lanal Cilacap Berhasil Gagalkan Pencurian Batubara

Lanal Cilacap Berhasil Gagalkan Pencurian Batubara

𝙍𝙚𝙙𝙖𝙠𝙨𝙞 | Kali
Minggu, 10 September 2023 11:13 WIB
IMG-20230909-WA0278

 

CILACAP I angkatanbersenjata.co.id

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap jajaran Koarmada II dibawah pimpinan Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno, berhasil menangkap komplotan pencuri batubara yang beraksi di atas Kapal Tongkang Azamara 5 dan mengamankan 2 ton barang bukti batubara, di wilayah perairan Dermaga Wijayapura, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan. Sabtu (9/9).

Dari kronologi kejadian yang dijelaskan oleh Danlanal Cilacap, diketahui Sekitar pukul 19.39 WIB personel jaga Obvit saat melaksanakan patroli ke Dermaga Wijayapura tempat sandar Kapal Tongkang Azamara 5 yang sedang melaksanakan bongkar batubara lalu didapati adanya beberapa orang yang sedang melakukan pencurian dengan menggunakan sekop untuk dipindahkan ke kapal fiber yang dibawa.

Mengetahui ada personel patroli, para pelaku melarikan diri dengan kapal yang digunakan untuk mencuri. Kemudian Unit Intel dan personel KAL melaksanakan pemantauan untuk antisipasi pencuri datang kembali dan benar saja pada pukul 01.30 WIB para pelaku kembali melakukan pencurian batu bara dan pada saat mereka bekerja tim patroli merapat untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Dari enam pelaku, terdapat satu orang pelaku berhasil ditangkap berinisial S (45), nelayan warga Tambakreja, Cilacap Selatan, bersama kapal dan barang bukti kapal fiber berukuran 4GT tanpa nama yang digunakan dalam tindak pencurian.

Pelaku saat ini dibawa ke Kantor Pomal Lanal Cilacap untuk dimintai keterangan dan langsung diserahkan ke Mapolresta Cilacap. Sedangkan Tim Patroli Laut mengamankan barang bukti 1 unit perahu yang berisi batu bara sejumlah 39 karung dengan berat total 2 ton.

Penangkapan ini merupakan implementasi dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., bahwa sebagai prajurit TNI Angkatan laut harus slalu sigap dalam menjaga dan mengamankan wilayah Laut Indonesia.pen2

Rekomendasi

Berita Terbaru

Blue and Green Geometric Illustrative Influencer Tips Poster

Terpopuler

Terbaru

Pengunjung

Redaksi sedang online: 0

Pengunjung hari ini: 2

Kemarin: 40

Jumlah pengunjung: 7,981

TNI & POLRI